Spanyol vs Georgia: Saat Fabian Ruiz dan Nico Williams membuat kerusuhan di Cologne untuk mengirim La Roja lolos
Spanyol vs Georgia: Spain mengamankan kemenangan dominan 4-1 melawan Georgia di babak 16 besar UEFA Euro 2024 di Rhein Energie Stadion

Spanyol vs Georgia: Spain mengamankan kemenangan dominan 4-1 melawan Georgia di babak 16 besar UEFA Euro 2024 di Rhein Energie Stadion pada hari Minggu, 30 Juni.

Pertandingan ini menjadi penampilan gemilang bagi La Roja yang berhasil mengontrol sebagian besar pertandingan dengan serangan-serangan yang membanjiri pertahanan Georgia.

Artikel Terkait : Jerman vs Denmark Berhasil Meraih Kemenangan 2-0 dalam Pertandingan Babak 16 besar ke-2 Turnamen UEFA Euro 2024

Spanyol vs Georgia: Saat Fabian Ruiz dan Nico Williams membuat kerusuhan di Cologne untuk mengirim La Roja lolos
Spanyol vs Georgia: Saat Fabian Ruiz dan Nico Williams membuat kerusuhan di Cologne untuk mengirim La Roja lolos

Spanyol vs Georgia pertandingan dimulai dengan dominasi penuh dari Spanyol yang sebagian besar bermain di setengah lapangan Georgia dengan tekad untuk mencetak gol sejak awal. Mereka mendominasi kepemilikan bola sebanyak 79% selama babak pertama, meskipun mereka butuh waktu untuk mencapai performa penuh. Namun, La Roja harus tertinggal lebih dulu setelah 18 menit ketika Robin Le Normand tidak sengaja membelokkan bola ke gawangnya sendiri, memberikan keunggulan 1-0 untuk Georgia. Tertinggal satu gol, Spanyol meningkatkan inisiatif untuk menyerang lebih banyak dan mencatatkan 17 percobaan tembakan di paruh pertama.

Baru pada menit ke-39, Spanyol berhasil menyamakan kedudukan setelah Nico Williams memberikan umpan kepada Rodri, yang dengan kaki kirinya yang lebih lemah melepaskan tembakan ke sudut kanan bawah gawang. La Roja terus mendorong untuk mencari gol keunggulan tetapi mereka terhalang oleh Giorgi Mamardashvili. Kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Spanyol vs Georgia memulai babak kedua dengan tajam, mencari untuk memanfaatkan momentum yang mereka bangun dengan keras di babak pertama. Lamine Yamal tampil gemilang di sisi kanan lapangan dan memberikan assist untuk Fabian Ruiz yang membuat kedudukan menjadi 2-1 hanya enam menit setelah babak kedua dimulai. Kedua pelatih melakukan beberapa perubahan dalam menit-menit berikutnya karena Georgia terdesak ke belakang.

Ruiz terus memengaruhi permainan dan memberikan umpan panjang yang indah kepada Nico Williams setelah Spanyol merebut bola di setengah lapangan mereka. Williams kemudian berhasil melewati satu pemain lawan sebelum melepaskan tembakan ke atap gawang untuk membuat kedudukan menjadi 3-1 pada menit ke-75. Dani Olmo menambahkan gol keempat dengan tembakan keras rendah dari jarak jauh pada menit ke-83 untuk menutup hasil yang gemilang bagi Spanyol.

Spanyol berhasil menahan tekanan dari Georgia selama tiga menit tambahan dan akhirnya melaju ke perempat final di mana mereka akan menghadapi tuan rumah turnamen, Jerman.

Pertandingan ini menjadi bukti nyata dominasi Spanyol di lapangan dengan kontrol bola yang superior dan serangan yang mematikan. Fabian Ruiz dan Nico Williams tampil sebagai bintang dengan masing-masing mencatatkan gol dan kontribusi yang signifikan dalam menciptakan peluang bagi tim mereka. Pelatih Spanyol, yang berhasil melakukan perubahan taktis yang tepat di babak kedua, juga layak mendapat pujian atas strategi yang efektif dalam memanfaatkan kelemahan Georgia.

Pada akhirnya, kemenangan ini tidak hanya mengamankan tempat Spanyol di babak berikutnya, tetapi juga menegaskan status mereka sebagai salah satu tim yang patut diperhitungkan dalam perburuan gelar UEFA Euro 2024. Mereka telah menunjukkan kualitas dan ketangguhan yang diperlukan untuk bersaing dengan tim-tim kuat lainnya, termasuk tuan rumah Jerman yang akan menjadi ujian berikutnya bagi ambisi mereka dalam turnamen ini.