Portugal Lolos ke Perempat Final Euro 2024 Setelah Mengalahkan Slovenia Lewat Adu Penalti
Portugal Lolos ke Perempat Final Euro 2024 Setelah Mengalahkan Slovenia Lewat Adu Penalti

Portugal berhasil mengalahkan Slovenia 3-0 melalui adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol selama 120 menit dalam babak 16 besar UEFA Euro 2024 pada Senin, 1 Juli. Dengan kemenangan ini, Portugal melaju ke perempat final dan akan menghadapi Prancis pada 5 Juli.

Artikel Terkait : Spanyol vs Georgia: Saat Fabian Ruiz dan Nico Williams membuat kerusuhan di Cologne untuk mengirim La Roja lolos

Portugal Lolos ke Perempat Final Euro 2024 Setelah Mengalahkan Slovenia Lewat Adu Penalti
Portugal Lolos ke Perempat Final Euro 2024 Setelah Mengalahkan Slovenia Lewat Adu Penalti

Portugal pertandingan dimulai dengan intensitas tinggi dari kedua tim

Portugal yang lebih mendominasi, Sejak menit-menit awal, tim asuhan Fernando Santos tampil percaya diri dan menguasai jalannya pertandingan. Mereka memulai dengan sangat positif, mendominasi penguasaan bola dan berusaha keras menekan Slovenia ke posisi bertahan.

Rafael Leao menunjukkan penampilan impresif dengan kecepatan dan kelincahannya di sisi kiri lapangan. Dia berhasil mendapatkan tendangan bebas yang dieksekusi oleh Cristiano Ronaldo, namun sayang tendangan bebas tersebut meleset dari sasaran. Meski demikian, upaya tersebut menunjukkan niat Portugal untuk terus menekan dan mencari gol pembuka.

Tim Slovenia, yang dilatih oleh Matjaz Kek, berusaha memberikan perlawanan. Mereka mencoba dua kali di babak pertama dengan satu tembakan tepat sasaran, namun tidak cukup mengancam gawang Portugal yang dijaga oleh Diogo Costa. Sebaliknya, Portugal gagal memanfaatkan lima peluang yang mereka miliki di babak pertama. Joao Palhinha hampir mencetak gol dengan tendangan kerasnya di akhir babak pertama, namun bola hanya mengenai tiang gawang dan keluar lapangan.

Babak pertama berakhir dengan skor 0-0, namun dominasi Portugal terlihat jelas. Mereka mendikte jalannya pertandingan, terus menguasai bola, dan menciptakan beberapa peluang meski belum berhasil mengubah skor.

Babak kedua berlangsung dengan pola yang serupa. Portugal tetap mendikte permainan dan menciptakan lebih banyak peluang. Joao Cancelo semakin sering maju ke depan dan memberikan tekanan pada pertahanan Slovenia. Portugal mencoba delapan tembakan di babak kedua, namun kiper Slovenia, Jan Oblak, tampil sangat solid dan berhasil menggagalkan semua peluang yang diciptakan oleh Portugal.

Pertandingan pun berlanjut ke perpanjangan waktu setelah kedua tim masih imbang 0-0 dalam waktu 90 menit. Babak pertama perpanjangan waktu dimulai dengan agak lambat, namun berakhir dengan momen menegangkan ketika Vanja Drkusic melakukan pelanggaran terhadap Diogo Jota di kotak penalti. Cristiano Ronaldo, yang dikenal sebagai eksekutor penalti handal, maju untuk mengambil tendangan penalti. Namun, Jan Oblak kembali menjadi pahlawan Slovenia dengan berhasil menyelamatkan tendangan Ronaldo.

Pada babak kedua perpanjangan waktu, Slovenia hampir saja mencetak gol melalui Benjamin Sesko. Pepe melakukan kesalahan fatal dengan memberikan bola kepada Sesko yang kemudian berhadapan satu lawan satu dengan Diogo Costa. Namun, Sesko gagal memanfaatkan peluang emas tersebut karena tembakannya tepat ke arah tubuh kiper Portugal.

Dengan skor tetap 0-0 setelah 120 menit, pertandingan harus ditentukan melalui adu penalti. Di sinilah Portugal menunjukkan ketenangan dan kepercayaan diri mereka. Kiper Diogo Costa berhasil menyelamatkan tembakan Josip Ilicic, memberikan keunggulan awal bagi Portugal. Cristiano Ronaldo, yang sebelumnya gagal mengeksekusi penalti di waktu normal, menebus kesalahannya dengan berhasil mencetak gol dan memberikan Portugal keunggulan 1-0 dalam adu penalti.

Costa kemudian melakukan dua penyelamatan lagi, sementara Bernardo Silva mengamankan kemenangan setelah mencetak penalti ketiga timnya. Dengan hasil ini, Portugal melaju ke perempat final dengan kemenangan 3-0 dalam adu penalti.

Pertandingan ini menunjukkan kekuatan mental dan ketangguhan Portugal dalam menghadapi tekanan. Meskipun gagal mencetak gol dalam waktu normal dan perpanjangan waktu, mereka tetap fokus dan berhasil mengatasi tekanan dalam adu penalti. Kini, tantangan berikutnya adalah menghadapi Prancis, tim kuat lainnya di perempat final. Portugal perlu menjaga performa mereka dan terus menunjukkan semangat juang untuk bisa melangkah lebih jauh di turnamen ini.

Dengan kemenangan ini, Portugal tidak hanya mengamankan tempat di perempat final, tetapi juga memberikan harapan besar bagi para pendukungnya bahwa mereka memiliki potensi untuk meraih gelar juara di Euro 2024. Semua mata kini tertuju pada pertemuan mereka dengan Prancis, yang dijadwalkan berlangsung pada 5 Juli. Pertandingan tersebut dipastikan akan menjadi laga yang sangat dinantikan oleh para pecinta sepak bola di seluruh dunia.